PERAN AJAIB BUNGA ROSELLA


Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa Linn) merupakan salah satu jenis tanaman perdu yang berasal dari Afrika. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 3-5 meter dengan ciri-ciri memiliki banyak cabang, bersemak-semak, mempunyai siklus hidup tahunan, dan pada bagian bunganya memiliki warna merah cerah. Kelopak bunga inilah yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan karena memiliki banyak peran “ajaib” bagu tubuh manusia.

Kandungan Rosella
Rosella memiliki beragam senyawa yang berkhasiat , beberapa contohnya adalah antioksidan, asam essensial, beta karoten, potasium, zat besi, dan berbagai vitamin. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui kandungan dalam 100 gram bunga rosella adalah sebagai berikut.
Kandungan
Nilai
Kalori
49 kal
Air
84%
Protein
1,9 g
Lemak
0,1 g
Karbohidrat
12,3 g
Serat
1,2 g
Kalsium
0,0172 g
Phosfor
0,57 g
Besi
0,029 g
β karoten
3 g
Asam askorbst
0,14 g

Secara spesifik kandungan dalam bunga rosella yang bermanfaat bagi tubuh adalah
·         Vitamin D       : baik untuk tulang
·         Vitamin C       : baik untuk antioksidan
·         Vitamin A       : baik untuk kesehatan mata
·         Omega 3          : baik untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak anak
·         Kalsium           : baik untuk tulang

Kandungan penting yang terdapat pada kelopak bunga rosella adalah pigmen antosianin yang membentuk flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Pigmen antosianin ini yang membentuk warna merah di kelopak bunga rosella. Zat gizi lain yang penting terkandung dalam rosella adalah kalsium, niasin, riboflavin, dan besi yang cukup tinggi. Selain itu, kelopak rosella juga mengandung protein, sodium, vitamin C, dan vitamin A. Kandungan vitamin A dan vitamin C rosella cukup tinggi dibandingkan buah-buahan seperti jeruk, apel, pepaya, dan jambu biji.
Peran Rosella bagi Kesehatan
Bunga rosella memiliki banyak manfaat dalam kesehatan. Berdasarkan hasil penelitian, khasiat rosella antara lain untuk menurunkan asam urat, hipertensi, diabetes mellitus, memperbaiki metabolisme tubuh, melangsingkan tubuh, menghambat sel kanker, mencegah sariawan dan panas dalam, menambah vitalitas, meredakan batuk, mencegah flu, antioksidan, antihipertensi, antikanker, antidepresi, antibiotik, aprodisiak, diuretik (peluruh kencing), sedatif, tonik, dan menurunkan absorpsi alkohol.

Mengetahui manfaat yang banyak untuk kesehatan, maka rosella layak dikonsumsi setiap harinya baik digunakan sebagai seduhan untuk minuman, campuran bahan makanan, maupun dalam bentuk olahan makanan atau minuman yang lain. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SUSUNAN MENU INDONESIA DAN KONTINENTAL

Proses Pengolahan Padi Menjadi Beras beserta Alatnya

PENYEBAB SUSU BERWARNA PUTIH KEKUNINGAN