Apakah Nugget itu Sehat?



Nugget merupakan salah satu produk hasil olahan daging yang ditambahkan dengan beberapa bahan pendukung. Biasanya nugget terbuat dari daging ayam, namun tidak menutup kemungkinan menggunakan daging dari jenis yang lain, misalnya adalah dengan menggunakan daging ikan. Nugget ayam pertama kali ditemukan oleh seorang ahli pangan bernama Robert Baker pada tahun 1950, dimana ketika itu ia berpikir untuk dapat memanfaatkan potongan daging ayam yang tersisa menjadi suatu produk pangan, maka terciptalah produk pangan nugget. Nuget menjadi salah satu makanan yang digemari oleh masyarakat, selain karena penyajiannya yang mudah nuget juga memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Namun apakah nuget yang sering kita konsumsi itu memiliki nilai gizi yang menguntungkan bagi manusia? atau apakah justru merugikan kesehatan manusia ?
Berdasarkan sumber dari wikipedia kandungan gizi nugget ayam dengan jumlah 100 g adalah sebagai berikut
Gizi Nugget Ayam
Jumlah
Kalori
296 kal
Jumlah lemak
20 g
Kolesterol
43 mg
Natrium
557 mg
Kalium
265 mg
Jumlah Karbohidrat
14 g
Protein
15 g
Sumber: wikipedia, 2016.
            Berdasarkan data pada tabel tersebut memang menunjukkan bahwa nugget ayam memiliki nilai gizi yang cukup baik, namun apabila kita terlalu sering mengkonsumsinya maka dapat membahayakan kesehatan. Hal tersebut dapat  dipengaruhi oleh beberapa faktor

1.      Pengaruh Lemak trans dan penggunaan minyak
Beberapa kandungan yang berbahaya dalam nugget ayam adalah keberadaan lemak trans, lemak ini dapat mengakibatkan obesitas apabila dikonsumsi secara terus menerus. Selain itu penggunaan lemak yang berulang pada penggorengan nugget juga dapat menjadi pemicu terjadinya gangguan jantung.

2.      Kandungan karbohidrat yang tinggi
Kabohidrat merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karbohidrat dimanfaatkan oleh tubuh dengan cara memecahnya menjadi gula. Oleh karenanya kandungan karbohidrat yang tinggi pada nugget dapat memicu hiperglikema. Hal ini tentu berbahaya bagi penderita diabetes, sehingga disarankan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

3.      Kandungan Lemak
Nugget ayam memiliki jumlah lemak yang tinggi, apabila dikonsumsi secara terus menerus maka dapat memicu penumpukan lemak didalam tubuh. Hal ini dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, misalnya adalah terhambatnya saluran peredaran darah akibat tertutup oleh plak yang berasal dari lemak berlebih.

4.      Jumlah Natrium
Di dalam sepuluh nugget ayam terdapat sekitar 1000 mg natrium. Keberadaan natrium yang tinggi ini dapat memicu terjadinya peningkatan tekanan darah yang berdampak pada terjadinya hipertensi.

Berdasarkan beberapa alasan tersebut dapat dikatakan bahwa sebenarnya nugget ayam tidak berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan maka berdampak buruk bagi kesehatan. Selain itu bahan penggunaan dalam pembuatan nugget ayam juga berpengaruh terhadap keamanan dan kualitas nugget yang dihasilkan. Sehingga untuk mendapatkan nugget ayam yang pasti sehat, disarankan untuk membuat nugget ayam secara mandiri dengan menggunakan bahan yang segar dan dapat juga dengan ditambahkan aneka sayuran.




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

SUSUNAN MENU INDONESIA DAN KONTINENTAL

Proses Pengolahan Padi Menjadi Beras beserta Alatnya

PENYEBAB SUSU BERWARNA PUTIH KEKUNINGAN