Membuat Yoghurt?

     Yoghurt merupakan salah satu minuman yang banyak disukai orang. Yoghurt memiliki rasa yang enak dan termasuk makanan sehat yang bergizi, serta digunakan untuk kecantikan. Yoghurt merupakan salah satu olahan susu melalui proses fermentasi dengan menambahkan kultur organisme yang baik yaitu bibit dari bakteri asam laktat Lactobacillus bulgarius dan Streptococcus thermophillus dengan perbandingan yang tepat. Bakteri laktat digunakan agar mampu memproduksi asam laktat dengan baik, karena itu produk yang dihasilkan berupa gumpalan susu dengan rasa asam yang memiliki cita rasa yang khas. Selain itu, yoghurt mempunyai kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Apabila yoghurt dikonsumsi secara rutin setiap hari maka berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol pada darah dan melancarkan pencernaan. Disamping itu juga, yoghurt dapat berfungsi sebagai pengganti susu bagi yang sering alergi terhadap susu. Secara umum, yoghurt memiliki dua jenis yaitu yoghurt tanpa rasa tambahan (yoghurt plain) dan yoghurt yang ditambahkan perasa seperti rasa buah, jeruk, coklat, strawberry, leci dan lain sebagainya (drink yoghurt). Hal yang perlu diperhatikan Cara Membuat Yoghurt adalah masalah kebersihan, sebaiknya semua alat yang digunakan terlebih dahulu direbus dalam air yang mendidih selama 10 menit. Jika kebersihan tidak terjaga dengan baik, maka mengakibatkan yoghurt tidak jadi seperti tidak berasam walaupun berbentuk solid (menggumpal), berbau asam yang sangat tajam dan ditumbuhi jamur yang berbentuk bintik-bintik hitam.
 
Membuat Yoghurt
Bahan-bahan :
Susu murni sebanyak 1 liter
Bibit yoghurt (yoghurt plain maupun yoghurt drink) sebanyak 150 ml
Wadah gelas atau kaca

Cara Membuat :
Panaskan 1 liter susu murni, aduk selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang namun jangan sampai susu mendidih. Cara ini bertujuan untuk menguapkan air sehingga tidak terbentuk solid yoghurt (seperti gumpalan). Setelah itu, dinginkan hingga hangat susu yang telah dipanaskan agar susu kembali pada suhu normal.

Lalu campurkan 150 ml bibit yoghurt ke dalam susu yang sudah didiamkan tadi, sambil diaduk rata dan taruh ke dalam wadah yang tertutup rapat selama 24 jam. Cara ini dilakukan agar yoghurt dapat menghasilkan rasa asam dan mengental atau dapat terbentuk fermentasi yoghurt dengan hasil yang baik.

Kemudian simpan yoghurt ke dalam kulkas. Setelah yoghurt berbentuk, tambahkan sedikit gula atau sirup sesuai dengan selera agar yoghurt terasa nikmat untuk disantap. Tetapi bagi yang tidak terlalu suka dengan rasa asam, tambahkan yoghurt dengan buah-buahan seperti strawberry, jeruk, anggur, kiwi, leci dan sebagainya.

Apabila ingin menyimpan yoghurt dengan waktu yang cukup lama, maka sebaiknya yoghurt disimpan dalam wadah kaca dan ditutup rapat agar yoghurt lebih awet dan tahan lama.


(http://isma-ismi.com/cara-membuat-yoghurt.html)

Comments

Popular posts from this blog

SUSUNAN MENU INDONESIA DAN KONTINENTAL

Proses Pengolahan Padi Menjadi Beras beserta Alatnya

PENYEBAB SUSU BERWARNA PUTIH KEKUNINGAN