KEBENARAN MEMINUM AIR PUTIH


KEBENARAN MEMINUM AIR PUTIH

Tubuh manusia 70 % terdiri dari air, maka air memiliki peran yang vital bagi tubuh manusia. Air membantu meningkatkan metabolisme yang nantinya akan mempengaruhi cara tubuh kita menangani produksi energi dan penyimpanan lemak. Berikut ini beberapa fakta tentang air putih.

Jumlah Ideal Air Minum
            Takaran dalam meminum air putih sehari tidaklah sama pada setiap orang. Umumnya banyak yang menyarankan untuk meminum air putih delapan gelas per hari. Namun kebutuhan setiap orang bisa saja kurang atau bahkan berlebih. Cukup minum bukan berarti kita harus minum delapan gelas air per hari, melainkan cairan yang kita minum mencukupi cairan yang hilang dari tubuh. Cairan hilang dari tubuh melalui keringat, urin, napas, dan eksresi cairan lainnya. Faktor yang mempengaruhi jumlah asupan air adalah iklim, penyakit, usia, rasa haus, aktivitas fisik.

Menjaga Fungsi Ginjal
Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan diekskresikan dalam bentuk urin. Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urin akan mengalir bebas dan jernih. Ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urine, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila kekurangan minum air, risiko Anda mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas. Meminum air membantu kita membuang toksin-toksin dan 'limbah' pada ginjal.

Menjaga fungsi usus 
Asupan cairan yang cukup akan membuat makanan yang melewati saluran cerna dapat mengalir lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Air dapat membantu mencegah konstipasi (sembelit) dengan cara menjadikan tinja lebih lunak sehingga lebih mudah dibuang dari usus. Ketika  tidak punya cukup cairan, usus akan menyerap cairan dari feses atau tinja untuk tetap menjaga hidrasi. Alhasil, tentu saja buang air besar akan bermasalah.

Air Menurunkan Berat Badan
Meminum air sebelum makan mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda akan makan lebih sedikit. Namun, hal ini tidak langsung berpengaruh pada penurunan berat badan. Menurunkan berat badan membutuhkan usaha yang dibarengi asupan makan seimbang serta aktivitas fisik. Terlebih lagi, air tidak memiliki kalori dan dapat menciptakan rasa kenyang yang secara langsung ikut memengaruhi proses diet.

Ciri Kekurangan Air
            Untuk mengetahui kebutuhan air yang harus diminum, kita perlu mengetahui tanda-tanda yang ditunjukkan oleh tubuh. Satu tanda yang cukup jelas adalah dari urin. Urin yang berwarna kuning terang dan tidak terlalu berbau menunjukkan tanda-tanda tubuh cukup cairan. Semakin pekat warna dan semakin kuat bau dari urin, semakin menunjukkan tubuh kekurangan cairan. Namun warna dan bau urin ditentukan pula oleh makanan yang kita makan, maka jika berwarna pekat dan berbau tajam, tidak perlu khawatir urin akan segera kembali normal.


Comments

Popular posts from this blog

SUSUNAN MENU INDONESIA DAN KONTINENTAL

Proses Pengolahan Padi Menjadi Beras beserta Alatnya

PENYEBAB SUSU BERWARNA PUTIH KEKUNINGAN