Konsumsi Mi Instan dengan Cara Benar

Konsumsi Mi Instan dengan Cara Benar

Mi Instan  merupakan makanan yang hampir semua orang pernah mengkonsumsinya. Kebanyakan orang mengatakan bahwa makanan praktis ini tak menyehatkan, untuk menjadikan makanan mi instan menjadi lebih menyehatkan maka perlu dilakukan cara konsumsi yang benar. Bagaimana cara mengonsumsi mie instan agar menjadi lebih menyehatkan? Menurut Prof. Dr. dr. I Made Djaja, SKM, MSc, dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, inilah cara tepat untuk menyantap mie instan:

Perhatikan tanggal kadaluwarsa
Tanggal kadaluarsa pada mi instan menjadi hal pertama yang penting untuk diperhatikan, mie instan biasanya memiliki tanggal kadaluwarsa yang tidak terlalu panjang, yaitu sekitar enam bulan. Sebelum memasak mie tanggal kadaluarsa perlu diperhatikan dahulu. Menurut Prof. Made, biasanya yang cepat kadaluwarsa adalah pada bumbunya.

Frekuensi
Konsumsi mie instan yang berlebihan menjadi hal yang tidak baik untuk dilakukan. Jumlah konsumsi yang disarankan oleh Prof. Made yang berprofesi sebagai Kepala Unit Riset dan Pengabdian Masyarakat adalah sekali dalam satu minggu. Mengkonsumsi mie instan yang rutin dan tanpa diimbangi dengan memakan makanan seimbang, bisa menyebabkan kekurangan nutrisi. Hal ini karena mie instan tinggi karbohidrat dan minim nutrisi lain.

Cara memasak
Agar mie tersaji lezat, sebaiknya patuhi cara memasak di kemasan mie instan. Bagaimanapun juga, ada perdebatan mengenai dampak kesehatan jika air rebusan mie turut dikonsumsi. "Air rebusan dipisah atau tidak dipisah sama saja, tidak masalah," kata Prof. Made.

Kurangi bumbu
Bumbu mie yang tercampur dalam kuah mengandung sodium, termasuk MSG, dalam kadar tinggi. Sebaiknya tak perlu menyeruput kuahnya sampai habis, atau dapat dengan alternatif mengganti bumbunya dengan menggunakan racikan bumbu sendiri. Untuk mie goreng, Anda bisa mengurangi penggunaan bumbunya hingga setengah bagian.

Tambahkan Sayuran
Prof. Made menekankan bahwa boleh saja makan mie instan asal tetap mengonsumsi gizi seimbang. Karena mie merupakan sumber karbohidrat, konsumsinya harus dibarengi dengan asupan protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menambahkan telur atau beberapa sayuran hijau ke dalam mie instan. Selain menjadikannya lebih bernutrisi seimbang, cara ini juga dapat menjadikan mie terasa lebih enak.


http://food.detik.com/read/2013/04/16/134102/2221577/900/6/agar-tetap-sehat-konsumsi-mie-instan-dengan-cara-ini#bigpic

Comments

Popular posts from this blog

SUSUNAN MENU INDONESIA DAN KONTINENTAL

Proses Pengolahan Padi Menjadi Beras beserta Alatnya

PENYEBAB SUSU BERWARNA PUTIH KEKUNINGAN